Menemukan Diri Dalam Kajian Seni Rupa dan Desain

 Assalamualaikum Wr, Wb.

Ciao! – Haii!!! Perkenalkan nama saya Rizki Abdul Wahid kalian juga bisa memanggilku Rizki, Abdul atau Iki. Saat ini saya sedang menempuh jenjang S1 di Universitas Indraprasta PGRI jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual (yang kata orang jurusan yang buat jarang tidur).  Oh iyaa,, tahun ini adalah tahun ke 2 saya berkuliah disini, bertemu dengan kawan baru yang menyenangkan (mungkin) dan mengharuskan saya untuk beraaptasi lagi dengan lingkungan baru. Ini merupakan hal yang saya kurang sukai karena saya kurang dalam hal bergaul. Sebelumnya saya merupakan lulusan SMK jurusan yang sama dengan yang saya ambil yaitu DKV.

Saya menyukai hal yang berbau seni berawal dari saya duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP), disini saya bergaul dengan komunitas di Facebook, mulai dari komunitas tipografi, vector, manipulasi dan lain sebagainya. Mulai dari situ saya tertarik untuk membuat vector dan tipografi di hp saya dengan meminta ajar dari temen saya. Lama kelamaan itu menjadi daya tarik bagi saya sendiri dalam minat ke dunia seni. Singkat cerita, saya telah melaksanakan UNBK untuk masuk ke jenjang putih abu-abu, kalau orang umum biasanya disebut SMA atau sekolah menengah atas. Disitu saya bingung untuk masuk ke SMA atau SMK, sebagai orang awam saya memutuskan untuk memilih jurusan DKV di bangku SMK, saya melihat video di YouTube tentang jurusan DKV dan saya kagum karena bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Dan disinilah perjalanan saya dimulai.

Masa SMK adalah masa yang diluar nalar saya, yang mana di kelas 10 saya harus membuat sketsa sebanyak 140 lembar dan 140 lembar gambar still life dalam semester. Di masa SMK ini saya mulai jarang tidur  dan memulai habit begadang. Tapi di SMK juga saya mulai belajar banyak hal seperti editing gambar, fotografi dan videografi. Di SMK juga saya mendapatkan teman yang sefrekuensi. Hal yang paling saya sukai di masa putih abu-abu ialah fotografi, Dimana saya menemukan insight baru dalam perjalanan saya. Saya juga dipercaya untuk menjadi fotografer untuk buku tahunan kaka kelas di sekolah bersama teman-teman saya.  Singkat cerita hingga corona datang saya mulai mengulik lagi dan mengasah kemampuan saya dalam Photoshop dan juga fotografi, hari demi hari tibalah Dimana saya akan lulus meninggalkan masa putih abu-abu saya. Disini saya mulai pesimis untuk masuk ke PTN (perguruan tinggi negeri) saya merasa pasrah saja, saya mencoba mendaftar SPAN dan SBMPTN itu juga karena saya hanya ikut-ikutan temen saya…

Masa ujian telah berlalu dan saya tinggal menunggu hasil nya, dan Alhamdulillah saya lolos di pilihan saya yaitu ISI Surakarta jurusan Fotografi… betapa bahagianya saya dengan capaian itu. Setahun saya menjadi mahasiswa ISI Surakarta saya memutuskan untuk pindah ke Unindra dan mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Di ISI Surakarta saya menddapatkan insight yang sangat berharga tentang dunia kamera dan fotografi, tapi sayang itu saya dapatkan dimasa pandemik. Singkat cerita saya pindah ke Unindra, selama di Unindra saya mendapatkan hal-hal baru tentang kesenian dan kehidupan kampus disini.

Saya mengetaui bahwa saya masih begitu buta akan dunia seni yang begitu luas ini, saya merupakan orang yang belum begitu kritis dalam hal apapun tapi saya mencoba dan terus mencoba dalam hal-hal yang belum saya ketahui. Saya akan terus berusaha untuk mengupgrade diri saya agar saya bisa mempunyai daya saing di dunia kerja nantinya, saya juga berharap bahwa ilmu yang saya dapatkan selama saya kuliah tidak mubazir dan berharap bisa bermanfaat bagi Masyarakat luas…

Terima kasih, Wassalamualaikum, Wr, Wb.

 

Komentar